Kredit Rumah Tanpa DP Dari Jamsostek

Mau kredit rumah tanpa DP (uang muka), Jamsostek memberi solusi bagi karyawan. Untuk kredit rumah tanpa DP ini Jamsostek mempunyai program PUMP (Pinjaman Uang Muka Perumahan), yang merupakan produk Jamsostek untuk memberikan pinjaman sebagian DP (uang muka) perumahan kepada karyawan perusahaan yang sudah ikut menjadi peserta dalam program Jamsostek dengan syarat-syarat tertentu.

Tujuan dari PUMP (Pinjaman Uang Muka Perumahan) dari Jamsostek adalah membantu tenaga kerja yang sudah menjadi perserta untuk mendapatkan KPR.Prinsip kerjanya adalah Jamsostek memberikan pinjaman sejumlah unag kepada peserta Jamsostek sebagai uang muka pengambilan KPR. Jadi bila anda tidak ada dana untuk DP, anda masih bisa mengambil KPR melalui bantuan pinjaman bunga ringan dari Jamsostek. Jumlah pinjman maksimal PUMP yang akan diberikan adalah sebesar 20 juta Rupiah bila melalui penyaluran Bank, dan maksimal 15 juta Rupiah bila melalui penyaluran biasa.

Berapa bunga pinjaman uang dari Jamsostek ini? terhitung bunganya sangat ringan, hanya sebesar 3 persen setahun dan dengan sistem flat (tetap). Jangka waktu cicilan pinjaman dari program PUMP Jamsostek ini paling lama 5 tahun. Dan dengan PUMP anda bisa mengambil rumah dengan tipe maksimal sampai RS/T36, Rumah Sederhana Tipe 36.

Apa syarat dari PUMP Jamsostek ini?

Persyaratan untuk pengambilan PUMP Jamsostek ini ada dari tiga pihak. Perusahaan tempat anda bekerja, anda sebagai pekerja dan pengembang perumahan. Ketiga pihak tersebut harus memenui beberapa persyaratan untuk pengajuan PUMP Jamsostek.

Syarat PUMP untuk perusahaan (sebagai pihak penjamin)
1. Perusahaan sudah berdiri minimal 1 tahun dan aktif dalam kepesertaan Jamsostek.
2. Tertib dalam urusan administrasi sebagai peserta Jamsostek.
3. Memiliki koperasi yang sudah punya wewenang dari perusahaan untuk mengurus PUMP, dan koperasi karyawan ini minimal sudah berdiri selama 1 tahun.
4. Ada pejabat perusahaan sebagai penanggung jawab pengurusan PUMP dengan jabatan minimal Manajer Personlia.

Syarat karyawan untuk mendapatkan PUMP
1. Belum punya rumah, dibuktikan dengan surat pernyataan yang bermeterai.
2. Sudah menjadi peserta Jamsostek paling tidak selama 1 tahun.
3. Rekomendasi dari perusahaan sebagai penanggung jawab pengurusan PUMP Jamsostek.
4. Gaji atau upah maksimal yang dilaporkan sebanyak 4,5 juta Rupiah.
5. Memberi pernyataan atau bersedia dipotong gaji sebagai cicilan angsuran PUMP.
6. Setuju dan sepakat untuk membeli rumah yang ditawarkan oleh Pengembang: baik lokasi rumah, tipe rumah, harga rumah, besarnya uang muka KPR, jangka waktu maupun suku bunga KPR-nya.
7. Dinyatakan lulus seleksi KPR oleh Bank Pemberi KPR dengan bukti diterbitkan SP3K (Surat Pemberitahuan Persetujuan Pemberian Kredit).
8. Pembayaran angsuran dilaksanakan secara kolektif oleh Perusahaan penanggung Jawab pengurusan PUMP.

Syarat dari pihak pengembang
1. Terdaftar sebagai anggota REI atau APERSI/KOPPERSI (Koperasi Pengembangan Rumah Sederhana Indonesia) atau Perum PERUMNAS.
2. Mendapatkan rekomendasi dari REI atau APERSI/KOPPERSI setempat (kecuali Perum PERUMNAS).
3. Telah memiliki lahan siap bangun dan mendapatkan ijin prinsip dari Instansi yang berwenang (lahan tidak bermasalah).
4. Mendapat dukungan dari Bank Pemberi KPR.
5. Melakukan penawaran rumah melalui Perusahaan peserta Jamsostek yang dikoordinasikan dengan kantor cabang PT. Jamsostek (Persero) dalam rangka konfirmasi ketertiban administrasi kepesertaanya.

Itulah solusi bagi anda untuk mendapatkan kredit rumah tanpa DP, bila anda tidak mempunyai dana sebagai uang muka KPR.

38 comments

  1. pa saya anggota jamsostek... saya sedang membangun rumah, tapi bukan perumahan. dana yang ada tidak cukup untuk membangun rumah yang utuh. bisakah saya
    meminjam dana dari jamsostek?

    ReplyDelete
  2. Iyaaa... Tetep aj repOott... Lachh kalo perusahaanya gak py koperasi bgmna...

    ReplyDelete
  3. di daerah saya ada pendaftaran perumahan melalui KSBDSI (konfederasi serikat buruh demokrasi seluruh indonesia) legal apa tidak..??

    ReplyDelete
  4. PUMP bkn solusi malah membuat beban bertambah adimana kita harus membayar cicilan dari pinjaman tersebut lalu ditambah lagi dgn cicilan rumah yg harus dibayar, pastinya akan sangat menyulitkan kedepannya

    ReplyDelete
  5. kalo misalkan pinjam uang buat bangun rumah bagaimana bisa tidak?????? Soalnya ini jg lg ngangsur tanah,kalo di pinjami uang kan bisa buat bangun rumahnya????

    ReplyDelete
  6. wahhh payahh.. ini sih menyelesaikan masalah dgn masalah baru..
    cape dehhh

    ReplyDelete
  7. bikin ribet doang, bikin pusing, mending nabung ajah

    ReplyDelete
  8. pa saya mau ambil rumah di daerah riau pekan baru,tapi saya blum ada dp buat rumah apakah bisa sya ambil melalui jamsostek

    ReplyDelete
  9. Duh susah bgt cra msuk jamsostek...ribet data ga akurat ga bsa dh gtu hrus k'kantor lgi..

    ReplyDelete
  10. Busseett...ruwed pisan.
    By.papah'y dede.

    ReplyDelete
  11. Bagaimana solusi dari jamsostek jika saya membangun rumah , tp bkn perumahan dan ingin mengajukan permohonan pinjaman dari jamsostek.

    ReplyDelete
  12. Saya anggota jamsostek, tapi memiliki tanah yg belum ada bangunannya. Sy pingin tahu apa bisa jamsostek memberikan pinjaman untuk pembangunan rumah.

    ReplyDelete
  13. Kalo dana ny di pinjam aja buat kawin bs ga y...?

    ReplyDelete
  14. Sama saja sulit syaratnya lebih mudah pinjam di koperasi syaratnya gak neko-neko....capek dehhh......

    ReplyDelete
  15. Mau pinjem 15 juta aja ribetnya minta ampun, bunganya sih ringan
    Klo boleh jamsostek langsung kasi pinjaman tanpa melalui PUMP, dAn sAldo jht buat jaminannya OK...

    ReplyDelete
  16. Ahhhhhhhhhhhhh rempong . . . . .

    ReplyDelete
  17. klo kartu jamsotek bsa buat tanguhan pinjaman uang ngak

    ReplyDelete
  18. Jamsostek klo mo membantu ga perlu lewat Bank yang bungnya 4x lipat lebih tinggi.. Berdiri sendiri aja, buat nama sendiri dengan bunga rendah dan aturan mudah.... bukan kaya gini... malah mencekik...

    ReplyDelete
  19. Thank buat infonya…..
    baru tahu ada program kaya gini...
    Buat temen2 yang butuh jasa Arsitek atau mau bangun rumah, dan perlu referensi, silahkan mampir di blog saya, http://tsgarchitectureanddesign.blogspot.com.
    Sukses selalu.......

    ReplyDelete
  20. Asli raiibet bet bet

    ReplyDelete
  21. Perumahan Subsidi KPR BTN di daerah Tajur Halang Bogor, dekat pasar Parung. KPR dengan suku bunga Subsidi 7.25% Bank BTN, FLAT sampai lunas. Bisa melalui JAMSOSTEK.

    ReplyDelete
  22. Angry bird buangget sih

    ReplyDelete
  23. Iya, secara Itu uang kita2 juga.

    ReplyDelete
  24. Jamsostek LEBAY akh. Judulnya membantu tp ttp aja susah.

    ReplyDelete
  25. jamsostek ,kasih komentar dong atas pertanyaan anggota jamsostek. sekaligus solusi yg memudahkan u anggota jamsostek.

    ReplyDelete
  26. mau dpt fasilitas rmh tanpa dp tapi malah dapat yg bgnian.. buat solusinya sy sarankan program pnjaman uang tanpa agunan aja di jamsostek. kami bisa pakai buat beli tanah atau rumah murah. klaim dana jamsostek saat 5 thn bisa sbg dana talangan bg jamsostek ya kan?

    ReplyDelete
  27. pa Di Daerah Purwakarta Ada Gk perumahan sederhana yg kerjasama dgn jamsostek? dari Pada ngontrak mendingan Kredit Rumah Sndiri. Pihak Jamsostek bisa bantuin gak yah

    ReplyDelete
  28. zaman skrg semua dipersulitkan, bukan malah membantu pd org2 yg tdk bgitu mampu, tp yg ada malah menyulit'kan.

    ReplyDelete
  29. pa,sy mau pinjam uang buat beli rumah bisa ga ya pa?

    ReplyDelete
  30. Pa...tolong kasih info ke pt.gmt,jatake kalau ada perumahan tanpa dp.lokasi strategis,byak yg minat,makasih

    ReplyDelete
  31. Bpk,Ibu yg terhormat tlong kasih kbr ke PT.GMT, Jl.Gatot Subroto Km6,5 Jatake,kalau ada perumahan tanpa dp bayak yg minat,makasih

    ReplyDelete
  32. mahaaaal bgt, hidup saja susahyaaaa..

    ReplyDelete
  33. saya peserta jamsostek sudah hampir 7 tahun dan saya masih aktif bekerja apa saya bisa mengambil JHT saya agar saya tidak perlu meminjam PUMP lagi

    ReplyDelete
  34. jamsostek berperan sampai batas mana,dlm program PUMP

    ReplyDelete
  35. Angin surga yg rempong

    ReplyDelete

 

Most Reading