Syarat Kredit KUR BRI

Berikut artikel syarat-syarat kredit KUR BRI Mikro dan sepintas ulasannya. Indonesia merupakan negara berkembang dan merupakan negara tersukses dalam menjalankan perkreditan mikro. Kredit mikro ini mampu menghasilkan pendapatan yang mambantu dalam kas negara, ini dikarenakan laba yang diperoleh dari setiap kredit dari bank-bank yang telah berkembang di Indonesia.

Salah satu Bank yang sukses dalam menjalankan kredit mikro adalah Bank Rakyat Indonesia. Dalam perkembanganya Bank ini menjadi bagian dari "laboratorium Keuangan mikro dunia". Dengan jasanya sebagai penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah berkembang dan merupakan jasa terbesar di indonesia.

Dari data yang terealisasi dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) tercatat outstanding KUR hingga Agustus 2012 hingga Rp 51,6 triliun. Dan ini merupakan progaram periode pertama Sampai bulan Agustus kemarin. Direktur UMKM BRI Djarot Kusumayakti menjelaskan, "jika melihat realisasi penyaluran KUR sepanjang 2012, atau dari periode Januari hingga Agustus, maka perseroan telah berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp 12,1 triliun, atau telah mencapai sekira 80,6 persen dari target yang ditetapkan yaitu sebesar Rp 15 triliun pada tahun ini".

Sedangkan dalam periode yang kedua ini Bank BRI akan menargetkan KUR sebesar Rp 30 trilun. Yang telah dimulai pada bulan September kemarin. Dengan mempertimbangkan rasio masalah nasabah yang bermasalah pada periode kemarin sekitar 2,65 persen, dari kesuksesan nasabah yang semakin berkembang mencapai 650 ribu - 700ribu. 

Syarat-Syarat Kredit KUR BRI Mikro
1.Calon Debitur Individu yang melakukan usaha produktif yang layak
2.Lama Usaha Minimal 6bulan
3.Besar Kredit Maksimal Rp. 5juta
4.Jenis Kredit KMK atau KI Menurun maksimal 3tahun
5.Suku Bunga Efektif maksimal 1,125 % flate rate per bulan
6.Prov dan adm Tidak dipungut
7.Legalitas KTP dan KK
8.Agunan Pokok: Dapat hanya berupa agunan Pokok apabila sesuai keyakinan Bank Proyek yang dibiayai cashflownya mampu memenuhi seluruh kewajiban kepada bank (layak)
9.Tambahan: Al Seperti tanah/bangunan/Kendaraan (tidak wajib dipenuhi)

9 comments

  1. pinjaman bagi saya selaku karyawan swasta program apa yang bri berikan karna selama ini yang saya tau bri cuman memberikan kredit kepada para usaha atau pedagang bukan karyawan

    ReplyDelete
  2. PERNAH SAYA KE BRI UNTUK MEMINJAM MODAL UNTUK MELANJUTKAN USAHA PENJUAL SEMBAKO DAN MEMBELI HASIL BUMI, HANYA SAJA USAHA ITU BERLOKASI DI SALAH SATU DESA YANG JARAK TEMPUH UNTUK SAMPAI KE KOTA SEKITAR 1 JAM PERJALANAN,TEPATNYA DI KABUPATEN HALMAHERA SELATAN. hanya saja dari pihak Bank tidak mengindahkan kita sebagai peminjam, pertanyaan kemudian apakah tidak bisa kalau kita berada di desa???? sedangkan kalau modal kita berkisar 100 jutaan keuntungannya berlipat ganda krena slain hasil keuntungan dari sembako keuntungannya juga dapat diperoleh dari hasil bumi, seperti kopra (kelapa), pala, dan coklat

    ReplyDelete
  3. Pak Rizal kungkin kita bisa bekerja sama untuk mengembangkan usaha bpk di bidang hasil bumi..
    email saya :wijaya_adelia@yahoo.com

    ReplyDelete
  4. klo orang kecil seperti kita[karyawan]mana ada istilah dapat pinjaman..dri bank,klo pun ada cuma segelintir org krn memiliki aset sebagai jaminan..

    ReplyDelete
  5. di tutup aja kredit KUR ini......siup dan akta pendirian usaha...... dimana2 birokrasi indonesia sangat ribet dan banyak pungli ...... sok administrasi lengkap lagi.......

    sama seperti melamar pns....byk bgt administrasi ..pdhl urus skck, surat dari RT, RW, lurah banyak pungli...........

    percuma sekolah tinggi2 dan pengalaman tp tujuan utk bs cepat kaya...kasihan

    ReplyDelete
  6. bisa bantu saya pk u/buka usaha rumah mkan sunda. bgaimn cra mngajukan kur

    ReplyDelete
  7. ribet banget ngurus nya,saya pantau masarakat bandung lebih memilih pinjeman ke bang keliling [koprasi] atau renternir dengan bunga 20% KARENA MEREKA TIDAK RIBET untuk pencairan

    ReplyDelete
  8. usaha bisnis ikan hias saya lg kendor butuh dana yang siap bantu alhamdulilah kita kerja sama

    ReplyDelete
  9. Saya sedang mengembangkan usaha di bidang percetakan sablon dan acrylic. Tapi masih terhalang oleh modal yg kurang. Untuk saat ini saya hanya bisa menjalankan usaha sablon saja di karenakan keterbatasan modal usaha.saya berniat mengembangkan usaha saya lebih besar lagi. Kiranya bapak berkenan memberikan modal usaha bagi saya...terimakasih atas perhatiannya..

    ReplyDelete

 

Most Reading